Tips Memilih Pinjaman Dana Cepat yang Aman

Kategori Info & Tips
Tips Memilih Pinjaman Dana Cepat yang Aman

Saat membutuhkan dana dan Anda dapat meminjam uang tanpa jaminan, serta dengan syarat yang mudah tentu menyenangkan. Pinjaman dana cepat adalah solusi untuk Anda yang membutuhkan dana namun enggan direpotkan masalah administrasi. Lalu apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan pinjaman dana cepat yang aman? Dengan banyaknya jenis pinjaman dana cepat ini, membuat Anda harus berhati-hati.

Dengan kemudahan yang ditawarkan, bukan berarti Anda mengabaikan keamanan pinjaman dana cepat ini. Nah, agar Anda terhindar dari masalah dan mengurangi risiko penipuan tips memilih pinjaman dan cepat yang aman ini perlu Anda jadikan acuan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Pinjam uang di perusahaan yang terdaftar di OJK

Hal utama sebelum memutuskan meminjam uang di pinjaman dana cepat adalah memastikan lembaga tersebut terdaftar di OJK. Menurut data OJK per Juni 2018, terdapat 64 perusahaan pemberi pinjaman online. Jadi, pastikan lembaga yang Anda pilih termasuk di 64 perusahaan tersebut.

Pinjam uang sesuai dengan kebutuhan Anda

Sebelum memutuskan meminjam uang, pastikan uang yang Anda pinjam memang untuk kebutuhan produktif bukan untuk konsumtif. Memilah kebutuhan dan keinginan memang sangat penting, jangan sampai kemudahan dalam mendapatkan pinjaman dana membuat Anda repot di masa yang akan datan. Jadi, pinjamlah uang sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Nonton Hemat 3 Film Baru Disney Pake Promo Kartu Kredit BCA

Tidak kalah penting, jumlah angsuran yang disarankan saat akan mengajukan pinjaman adalah tidak lebih dari 30% dari pendapatan Anda. Angka ini penting agar Anda tidak keberatan dalam mengembalikan pinjaman. Jangan sampai karena alasan keberatan dengan jumlah angsuran membuat pinjaman Anda gagal angsur.

Hindari meminjam uang untuk menutup pinjaman lainnya

Gali lubang tutup lubang dalam pinjaman memang sering terjadi karena ketidak mampuan dalam mengatur keuangan. Jadi pastikan saat meminjam uang bukan untuk kepentingan menutup pinjaman yang lama. Memang cara ini dapat mengundur jangka waktu pelunasan pinjaman dana cepat Anda, namun perlu diingat Anda pun harus meminjam dengan jumlah yang lebih besar. Tentu angsuran dan bunga yang dibayar pun semakin tinggi. Anda tidak ingin harus menanggung biaya bunga yang tinggi bukan?

Lunasi pinjaman tepat waktu

Catat tanggal pinjaman dana cepat Anda saat dicairkan, karena di tanggal tersebutlah jatuh tempo pinjaman Anda. Pastikan untuk membayar pinjaman Anda tepat waktu agar terhindar dari denda yang memberatkan Anda.

Agar terhindar dari denda dan ‘lupa’ membayar angsuran pinjaman, saat menerima gaji utamakan untuk membayar pinjaman ini. Jadikan prioritas pengeluaran Anda. Selain itu Anda juga dapat mengeset alarm di ponsel sebagai pengingat untuk membayar angsuran.

Pahami syarat dan kontrak pinjaman dana cepat

Setiap pinjaman selalu memiliki syarat yang harus dipenuhi. Baca semua persyaratan dengan teliti, jangan sampa ada pasal yang memberatkan Anda. Kontrak pinjaman pun harus Anda teliti, jangan asal setuju saja. Pahami semua dengan jelas sebelum memutuskan untuk menyetujui syarat dari pinjaman yang akan Anda terima. Jangan sampai Anda merasa tertipu karena tidak membaca dengan seksama kontrak pinjaman Anda.

Kemudahan yang Anda peroleh dari pinjaman dana cepat, seharusnya diimbangi dengan kehati-hatian. Tetap teliti sebelum memutuskan mengajukan pinjaman. Perhartikan kelebihan dan kekurangannya. Pahami manfaatnya dan kekurangannya. Bijak dalam meminjam uang pun bentuk komitmen Anda dalam mengatur keuangan.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi seputar keuangan terutama tentang kredit, sebaiknya cek http://cekaja.com/kredit/. Banyak informasi yang akan Anda dapatkan di sana. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *