Ingin Pinjaman Dana Tunai Cepat Cair? Perhatikan Hal Ini!

Kategori Info & Tips
Berikut Ini Berbagai Ketentuan Pengajuan Kartu Kredit Citibank Untuk Pemula

Kebutuhan yang selalu meningkat dengan harga selangit, terkadang tak diimbangi dengan pemasukan. Bahkan, tak sedikit orang yang mengalami “besar pasak daripada tiang” yang artinya beban pengeluaran lebih besar dibandingkan pendapatan. Alhasil, banyak orang yang kemudian mencari pinjaman dana ke sana kemari. Banyak pula yang akhirnya terjerat hutang pada rentenir dengan bunga hampir mencapai 100% dari uang pinjaman.

Padahal, kini tersedia beragam platform pinjam dana online yang aman dan terpercaya. Dengan adanya platform tersebut, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan pinjaman dana tunai cepat. Bunga yang dibebankan pun jauh lebih rendah daripada berutang pada rentenir atau penyedia pinjam dana ilegal lainnya.

Dari sisi keamanan, jelas platform pinjam dana online lebih aman dan minim risiko penipuan. Meskipun terdapat sejumlah platform yang kredibilitasnya dipertanyakan, tidak sebanyak platform pinjam dana online yang profesional, kredibel, dan dapat dipercaya. Kendati menawarkan kepraktisan dan kemudahan pinjam online, tak sedikit orang yang gagal mendapatkan pinjaman.

Singkatnya, memiliki aplikasi pinjam dana tunai, bukan berarti pengajuan Anda diloloskan. Apa penyebabnya? Sangat beragam. Namun, yang paling umum adalah kurangnya kelengkapan, persyaratan tidak terpenuhi. Hal inilah yang menyebabkan pengajuan pinjaman tidak lolos.

Syarat Umum yang Wajib Dipenuhi Agar Dana Pinjaman Cepat Cair

Kendati sebagian besar platform pinjam online tidak menggunakan jaminan berupa barang berharga, seperti sertifikat rumah, akta tanah, surat kendaraan bermotor, atau perhiasan, terdapat syarat wajib yang harus Anda perhatikan. Tanpa memenuhi persyaratan, pengajuan Anda akan ditolak.

Agar Anda tidak mengalami hal tersebut, ada sejumlah hal yang wajib Anda perhatikan. Apa saja? Berikut uraiannya.

Tercatat Sebagai WNI

Pinjaman online umumnya hanya tersedia bagi WNI. Artinya, Anda harus berada dan tinggal di Indonesia. Jika tidak, besar kemungkinan pengajuan pinjaman Anda ditolak mentah-mentah.

Kartu Identitas yang Masih Berlaku

Untuk mengajukan pinjaman, Anda harus memiliki bukti berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku. Umumnya, platform pinjam dana online akan meminta Anda mengunggah foto KTP dan foto diri dengan memegang KTP.

Jika Anda tidak memiliki kartu identitas yang sah dan masih berlaku, maka Anda akan kesulitan mengajukan pinjaman dana tunai cepat.

Baca juga: Nonton Hemat 3 Film Baru Disney Pake Promo Kartu Kredit BCA

Batas Umur Peminjam

Pengajuan pinjaman online Anda akan ditolak apabila melebihi batas umur atau kurang dari usia yang ditentukan. Umumnya, batas minimal peminjam dana tunai online adalah 21 tahun, sedangkan batas maksimal 60 tahun.

Besaran Pendapatan

Setiap lembaga penyedia dana cepat online menerapkan peraturan dan memiliki kebijakan masing-masing terkait batas minimal pendapatan bulanan calon peminjam. Umumnya, besaran pendapatan disesuaikan dengan kondisi daerah setempat.

Kendati demikian, ada pula yang menerapkan sistem pendapatan secara umum, yakni di mana pun Anda tinggal, batas minimal pendapatan bulanan untuk pinjam uang online bersifat tetap. Misalnya, minimal Rp1.500.000,00.

Besaran Pinjaman

Tak banyak yang tahu bahwa besaran limit kredit menyesuaikan pendapatan calon peminjam. Misalnya, jika penghasilan tetap Anda dalam satu bulan Rp2.000.000,00, maka umumnya limit kredit yang diberikan berkisar antara Rp500.000,00 hingga Rp1.000.000,00.

Lain halnya jika Anda memiliki gaji bulanan sebesar Rp20.000.000,00 per bulan, tentu limit kredit yang diberikan dapat mencapai angka Rp10.000.000,00. Bahkan, dapat lebih besar asalkan memenuhi sejumlah syarat tertentu.

Semakin besar pendapatan yang Anda miliki, semakin besar pula limit kredit yang Anda dapatkan. Kebijakan ini diterapkan agar Anda tidak terbebani dalam membayar angsuran yang berujung pada kredit macet.

Umumnya, pinjaman yang diberikan penyedia layanan dana cepat online hanya berkisar antara 15 hingga 40 hari. Namun, beberapa platform online berani memberikan waktu lebih panjang, mencapai 60 hari. Rata-rata denda keterlambatan yang dipatok berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 per hari.

Sejumlah Persyaratan Lain yang Perlu Dipersiapkan

Kendati Anda telah memenuhi sejumlah persyaratan di atas, faktanya sejumlah orang masih mengalami kegagalan. Barangkali Anda bertanya-tanya, apa penyebabnya? Hanya ada satu penyebab, yakni ketidaklengkapan dokumen.

Ingat, tidak semua platform pinjam uang online cepat menerapkan syarat pinjam dana yang mudah, hanya berupa KTP yang masih berlaku, foto diri, dan besaran gaji. Pasalnya, beberapa platform dana cepat online mengajukan syarat lain demi alasan keamanan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui secara jelas, apa saja syarat yang harus Anda penuhi sebelum mengajukan pinjaman. Adapun beberapa syarat tambahan yang kerap diminta, antara lain sebagai berikut.

Slip Gaji

Salah satu syarat tambahan yang biasanya diminta penyedia dana tunai online adalah slip gaji. Tanda bukti ini diperlukan untuk mempercepat proses verifikasi data. Jika Anda tidak menyertakan slip gaji ketika diminta, hanya ada dua kemungkinan.

Pertama, verifikasi data Anda gagal dan tidak diperkenankan untuk mengajukan pinjaman. Kedua, Anda diperbolehkan meminjam dana tunai dengan limit kredit terbatas.

Kartu Kredit

Kendati pinjam tunai online tidak mengharuskan adanya jaminan, faktanya beberapa di antaran penyedia layanan ini meminta peminjam untuk menyertakan kartu kredit. Jika Anda tidak memilikinya dan enggan beralih pada platform pinjaman lain, sebaiknya hubungi layanan pelanggan untuk meminta solusi terbaik.

Foto Tempat Usaha atau Tempat Kerja

Beberapa platform pinjam online, meminta bukti berupa foto tempat kerja bagi karyawan atau tempat usaha bagi wiraswasta. Hal ini dilakukan untuk memperjelas status Anda dan memudahkan proses verifikasi.

Demikianlah beberapa hal-hal yang wajib Anda perhatikan agar pinjaman dana tunai cepat cair sesuai harapan Anda. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk mengunjungi CekAja.com https://www.cekaja.com/kredit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *