Fungsi Jaminan OJK untuk Pinjaman Dana Online

Kategori Info & Tips
Jaminan OJK untuk pinjaman dana online juga memberikan keuntungan bagi Anda agar terhindar dari kejahatan sosial. Dengan demikian, peran OJK sangat penting dalam peminjaman dana online

Seiring kemajuan teknologi, banyak penyedia layanan pinjaman dana online yang banyak memberikan penawaran untuk calon debiturnya. Namun, tidak semua penyedia layanan tersebut aman dan terpercaya. Ada beberapa oknum yang menggunakan kesempatan ini untuk melakukan aksi jahatnya. Di sinilah peran OJK sangat penting. OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan badan independen yang berfungsi untuk mengawasi lembaga financial technology.

Maka dari itu, jika Anda ingin melakukan peminjaman secara online, hal wajib yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan apakah lembaga tersebut sudah terdaftar dalam OJK atau belum. Jaminan OJK untuk pinjaman dana online juga memberikan keuntungan bagi Anda agar terhindar dari kejahatan sosial. Dengan demikian, peran OJK sangat penting dalam peminjaman dana online.

Dengan adanya OJK ini membuat Anda menjadi tenang dan merasa dilindungi. Anda pun tidak akan ragu dan khawatir untuk melakukan peminjaman secara online. Peraturan OJK–POJK No. 13/POJK.02/2018 juga bisa dikatakan sebagai payung hukum yang dapat melindungi Anda dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya OJK pun sudah merintis peraturan tentang layanan pinjaman uang yang berbasis teknologi. Beberapa tugas OJK yang difungsikan untuk mengawasi industri yang berhubungan dengan financial technology diantaranya, yaitu:

  1. Mekanisme pencatatan dan pendaftaran fintech.
  2. Mekanisme pemantauan dan pengawasan fintech.
  3. Pembentukan ekosistem fintech.
  4. Membangun budaya inovasi.
  5. Kewajiban perlindungan data konsumen.
  6. Kewajiban bagi perusahaan fintech menjalankan manajemen resiko yang efektif.
  7. Penyelenggara fintech wajib ikut serta dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan.
  8. Meningkatkan sinergi dan kolaborasi antar industri, pemerintah, akademisi dan innovation hub yang lain.
  9. Fintech wajib menjalankan prinsip dasar perlindungan konsumen.
  10. Fintech wajib untuk menerapkan prinsip transparansi.
  11. Penyelenggara fintech wajib menerapkan program anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme di sektor jasa keuangan.

Mengapa Jaminan OJK untuk Pinjaman Dana Online Menjadi Incaran Publik?

Semua hal yang berkaitan dengan internet tentu memberikan kemudahan dalam pengerjaan, termasuk pinjaman dana online. Salah satu alasan mengapa banyak orang yang tergiur dengan tawaran-tawaran penyedia layanan pinjaman online adalah karena kemudahan proses serta persyaratan yang diberikan. Bahkan, beberapa penyedia pinjaman memberikan bonus besar-besaran.

Lalu, jika Anda sebagai peminjam, apakah Anda akan dengan mudah menerima tawaran para penyedia tersebut? Sebaiknya jangan. Karena aplikasi pinjaman online mudah diakses oleh semua orang, banyak yang menggunakan kesempatan itu untuk melakukan kejahatan sosial, seperti penipuan. Ini yang perlu Anda waspadai.

Tidak semua penyedia pinjaman tersebut resmi. Ciri-ciri penyedia pinjaman resmi adalah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan terdaftar dalam OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Dengan demikian, segala bentuk informasi dan transaksi diawasi oleh OJK dan Bank Indonesia.

Baca juga: Berkenalan dengan Kredit Tanpa Agunan Bank Standard Chartered

Di sisi lain, pemilihan aplikasi pinjaman online memang tepat bagi Anda yang membutuhkan dana cepat. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapat apabila Anda mendapatkan penyedia pinjaman dana yang tepat.

1. Proses lebih cepat daripada pinjaman pada bank kovensional

Karena menggunakan aplikasi online, proses peminjaman jauh lebih cepat dibandingkan jika Anda harus datang ke Bank untuk mengurus semua kebutuhan Administrasi. Berbeda dengan Anda yang memanfaatkan layanan online ini. Anda hanya perlu mengirimkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman dana.

2. Persyaratan yang diberikan sangat mudah

Berbeda dengan bank konvesional, mayoritas penyedia pinjaman dana online akan memberikan pinjaman tanpa jaminan. Tentu saja ini akan menarik minat calon debitur. Semakin mudah persyaratan maka semakin banyak pula orang yang menggunakan jasa tersebut.

3. Lebih fleksibel

Fleksibel yang dimaksud dalam artikel ini adalah Anda dapat mengakses layanan ini di mana pun dan kapan pun. Artinya tidak terbatas ruang dan waktu. Lain halnya dengan penyedia konvensional yang mengharuskan tatap muka dengan nasabahnya.

4. Fasilitas kalkulator kredit

Bagi Anda yang mungkin masih bingung dengan kemampuan finansial Anda untuk mengajukan pinjaman dana online, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena dengan menggunakan jasa pinjaman online ini, Anda bisa menikmati fasilitas kalkulator kredit untuk mengetahui kemampuan finansial Anda sebelum melakukan peminjaman online.

5. Banyak produk yang ditawarkan

Salah satu keuntungan yang menarik dengan adanya jasa online ini adalah Anda bisa menikmati beragam produk yang ditawarkan oleh penyedia jasa pinjaman dana online tersebut. Produk yang ditawarkan tidak kalah banyak dengan produk yang ada di bank konvensional. Tergantung bagaimana Anda mengatur dan menyikapi semua tawaran tersebut. Hal yang harus Anda ingat adalah jadilah peminjam yang bijak, yang mampu menyesuaikan dengan kondisi finansial serta kebutuhan Anda.

Apa yang terjadi jika penyedia pinjaman dana belum terdaftar OJK

Salah satu yang mungkin terjadi, apabila penyedia pinjaman dana online belum terdaftar OJK adalah terindikasi sebagai penyedia layanan abal-abal atau tidak resmi. Tentu Anda juga tahu bagaimana dampaknya jika Anda berurusan dengan lembaga tidak resmi yang tidak jelas alamat serta informasinya. Beberapa permasalahan yang mungkin terjadi adalah dikejar-kejar rentenir online, penipuan, penyalahgunaan data pribadi, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, penyedia pinjaman dana yang baik adalah mereka yang sudah terdaftar dalam OJK.

Nah, informasi di atas tentu dapat memantapkan hati Anda ketika ingin melakukan jaminan OJK untuk pinjaman dana online. Baik penyedia dana online maupun konvensional sebenarnya tidak ada masalah, tergantung seberapa mendesak kebutuhan Anda, dan tergantung pula pada sikap Anda dalam menerima tawaran yang diberikan oleh penyedia dana.

Agar Anda tidak salah pilih jasa pinjaman dana online, Anda bisa melakukan pinjaman di CekAja.com, salah satu penyedia dana online yang aman dan terpercaya. Untuk informasi lebih lanjut, segera kunjungi https://www.cekaja.com/kredit.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *