Milenial Anti Boros, Tips Pintar Kelola Uang THR

Milenial Anti Boros, Tips Pintar Kelola Uang THR

Dah tanggal segini nih, uang THR kalian udah turun belum? Uang THR atau uang Tunjangan Hari Raya menjadi salah satu hal yang paling ditunggu setiap tahunnya baik oleh pegawai swasta maupun pegawai negeri.

Uang THR ini sebaiknya jangan langsung dihabiskan begitu saja. Lebih baik uang THR nya dialokasikan untuk ditabung dan investasi terlebih dahulu. Sisanya baru digunakan untuk keperluan lebaran.

Tips pintar kelola uang THR

Berapa sih, jumlah uang THR yang diberikan oleh perusahaan kamu bekerja? Kalau kamu sudah bekerja selama 12 bulan, maka kamu akan menerima 1x gaji penuh. Berikut tips pintar kelola uang THR.

Mana prioritas mu?

Jangan sampai, keinginan kita seperti sneakers laham, outerwear pi en bi, koleksi jam tangan malah kita beli dulu, sedangkan hal yang menjadi kebutuhan dasar malah tidak dipenuhi.

Baca juga: Film Motivasi Sukses Pembuat Tao Kae Noi

Kebutuhan sehari-hari

Daily needs kita beragam yah. Mulai dari biaya listrik, air, pulsa, hingga Wi-Fi, bahkan utang. Jangan lupa untuk menyisihkan uang THR untuk memenuhi kebutuhan ini.

Dana darurat

Besar THR yang diberikan kantor berbeda-beda. Cara hitung THR kamu begini, 4 / 12 bulan dikali 1x bulan gaji kamu. 4 / 12 = 0.3 kemudian dikalikan gaji misalnya Rp4 juta. 0.3 dikali Rp4 juta yaitu Rp333.000.

Kalo misal kamu dapat THR full 1x gaji. Dari Rp4 juta, sisihkan 30%nya untuk ditabung. Gunakan tabungan ini sebagai dana untuk kebutuhan mendesak.

Memiliki dana darurat adalah keharusan karena kita tidak pernah tau kalo-kalo ada saja kebutuhan mendesak seperti harus ganti ban, hp ilang, atau tiba-tiba kecelakaan masuk rumah sakit.

Investasi

30% lainnya juga lebih baik kamu sisihkan untuk berinvestasi. Bisa dengan reksadana atau emas juga boleh.

Zakat dan atau Perpuluhan

Yang gak kalah penting dari 2 poin di atas yaitu zakat dan atau perpuluhan. Jangan lupa sisihkan uang THR untuk kewajiban kita ini.

Buat hedon beli ini itu bisa, masa Zakat dan atau Perpuluhan ga bisa?

Untuk perbesar DP KPR atau kredit mobil

Semakin besar DP yang kamu kumpulkan untuk membeli kredit rumah ataupun mobil, maka cicilan tiap bulan akan semakin ringan. Jadi, kalo kamu punya rencana untuk KPR atau kredit mobil, sebaiknya THR kamu disisihkan untuk nambahin DP.

Dapatkan informasi menarik lainnya hanya di CekAja.com dengan mengakses url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/info/uang-thr-jangan-sampai-ludes-ini-cara-pintar-buat-mengaturnya/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *