Tips Sukses Bisnis Ternak Lele

Ternak Lele

Siapa sih yang nggak suka dengan makanan pinggir jalan Pecel Lele? Wangi nya yang khas, daging ikan lele yang empuk, ditambah sambal dan lalapan, serta kol goreng, menambah kenikmatan pecel lele. Karena banyak peminatnya, kamu kenapa ngga coba ambil peluang memulai bisnis ternak lele?

Tips sukses bisnis ternak lele

Bisnis kuliner bisa dibilang salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati. Karena bisnis ini berkaitan langsung dengan perut kita. Para penjual pecel lele membutuhkan pasokan lele yang berkualitas dengan harga yang pas. Kebutuhan lele yang banyak menjadi peluang bisnis kamu. Ingin tahu apa saja tips sukses bisnis ternak lele? Simak terus yuk!

1. Pilih induk berkualitas

Langkah pertama yang dilakukan yaitu cari dulu penjual indukan lele. Pilih indukan lele yang berkualitas baik. Indukan lele jantan yang berkualitas, memiliki ciri-ciri fisik  seperti perut ramping, tulang kepala pipih, warna lebih gelap, lincah, dan memiliki alat kelamin berbentuk runcing.

Sedangkan, ciri-ciri ikan lele betina perutnya lebih besar daripada punggungnya, kepala cembung, gerakan lamban, dan kelamin berbentuk bulat.

Baca juga: Manfaat Kartu Kredit Citibank

2. Bikin kolam ikan lele dulu

Setelah sudah tau mau beli indukan lele di mana, abis itu bikin kolam nya. Buat kolam yang dalam. Jika terlalu dangkal, lele bisa kepanasan dan mati. Selain itu, tambahkan tanaman seperti eceng gondok dan talas.

3. Kawin

Lele yang sudah siap kawin, ciri-cirinya seperti ini. Alat kelamin pejantan akan berwarna merah dan yang betina berwarna kuning. Jika benih lele sudah keluar, segera pisahkan benih tersebut ke tempat yang baru.

4. Pengembangbiakan

Sebelum dipindahkan ke kolam, taruh benih ke ember berisi air kolam. Hal ini dilakukan agar benih tidak stress dan mati.

5. Pemeliharaan

Untuk pemeliharaan, memperhatikan kebersihan kolam agar selalu bersih. Hanya memberikan pakan yang berkualitas.

6. Pemisahan

Pisahkan lele yang sudah mencapai ukuran 7-11 cm. Lele ukuran tersebut yang banyak dicari di pasaran. Perubahan warna kolam menjadi merah menandakan bahwa lele sudah siap panen.

Kemudian, bersihkan sisa lele yang lainnya. Agar kolam bisa kembali digunakan untuk benih yang baru lagi.

Keuntungan ternak lele

  1. Ikan Lele Mudah Beradaptasi
  2. Kekebalan Tubuh yang Kuat
  3. Benih lele berkualitas murah dan mudah didapatkan

Selain lele, ada 4 hewan lainnya lagi yang cocok untuk dijadikan bisnis ternak hewan. Dapatkan informasi lainnya dengan mengunjungi url di bawah ini.

https://www.cekaja.com/info/ingin-bisnis-ternak-5-hewan-ini-pilihannya/.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *