Penting! Inilah Syarat Pengajuan Kartu Kredit yang Harus Anda Pahami

Kategori Kartu Kredit
Syarat dan Cara Membuat Kartu Kredit Bank BRI

Sebagian orang memahami bahwa pengajuan kartu kredit terbilang tidak mudah, karena terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi supaya diterima oleh bank. Mulai dari syarat yang bersifat dokumen-dokumen tertentu, maupun syarat yang bukan berupa dokumen. Jika ada satu saja hal yang tidak terpenuhi, tentu saja bank akan sulit untuk menerimanya. Karenanya untuk Anda yang ingin bisa memiliki kartu kredit, penting untuk memahami syaratnya dulu.

Syarat-syarat Dokumen

Berikut beberapa dokumen yang secara umum harus dipenuhi oleh orang yang ingin bisa mendapatkan kartu kredit :

1. Kartu identitas

Kartu identitas memang sudah menjadi salah satu dokumen standar yang disyaratkan untuk berbagai pengajuan, termasuk salah satunya untuk mengajukan kartu kredit. Warga indonesia maupun warga negara asing juga sama-sama dimintai syarat kartu identitas, dengan status apapun.

2. Bukti penghasilan

Ini menjadi syarat yang sangat penting untuk bisa memiliki kartu kredit, karena bukti penghasilan yang membantu pihak bank untuk mengukur tingkat kemampuan finansial orang yang mengajukan. Jika penghasilannya cukup, pihak bank bisa memprediksi kemampuan orang itu untuk membayar cicilan kartu kredit nantinya.  

3. Bukti penghasilan lainnya

Syarat ini berlaku untuk kalangan yang bukan karyawan seperti pengacara, pengusaha, dokter ataupun jenis pekerja lainnya yang mendapatkan penghasilan secara mandiri. syarat pengajuan kartu kredit bisa diganti dengan bukti dokumen lainnya seperti surat pajak tahunan, rekening koran selama 3 bulan terakhir atau fotokopi buku tabungan.

4. NPWP

Biasanya untuk kartu kredit dengan batasan di atas 30 juta juga akan meminta dokumen NPWP sebagai salah satu persyaratannya.

5. Akta pendirian usaha/SIUP/TDP

Syarat ini diberlakukan jika Anda adalah seorang pengusaha atau wiraswasta, yakni dengan fotokopi akta pendirian usaha yang dimiliki dan dijalankan saat itu.

6. Surat Izin Profesi

Sedangkan untuk dokumen ini menjadi syarat bagi mereka yang bekerja sebagai kalangan profesional seperti dokter, pengacara, akuntan dan lainnya.

  1. Formulir Pengajuan

Formulir ini juga menjadi dokumen yang wajib dilengkapi untuk pengajuan kartu kredit dan bisa didapatkan dari pihak penerbit kartu kredit.

Syarat-syarat non Dokumen

Selain syarat-syarat yang berupa dokumen, Anda yang ingin mengajukan kartu kredit juga perlu memenuhi beberapa syarat berikut :

1. Usia

Anda yang ingin memiliki kartu kredit juga harus memenuhi batas usia minimal. Meskipun Anda sudah memiliki KTP, penghasilan dan bahkan bukti pajak, jika masih berusia 19 tahun, tidak bisa membuat kartu kredit. Karena usia minimal untuk memiliki kartu kredit adalah 21 tahun.

2. Penghasilan minimal

Memiliki pekerjaan dan bisa memberikan bukti penghasilan tidak menjamin Anda akan diterima untuk memiliki kartu kredit. Karena terdapat batas nominal penghasilan yang perlu dipenuhi, supaya kemudian pihak bank menganggapnya mampu memberikan cicilan kartu kredit. Umumnya penghasilan orang yang ingin pengajuan kartu kredit diterima adalah sebesar 3 juta per bulan. Hal itu juga bisa lebih tinggi untuk kota-kota besar seperti di kawasan jabodetabek.

Syarat-syarat lainnya

Selain beberapa hal di atas, beberapa kredit tertentu juga ada yang memberikan persyaratan track record kredit sebelumnya. Karena itu bisa menjadi data tambahan untuk menilai kemampuan pihak yang mengajukan dalam membayar cicilan kredit. Sehingga jika Anda ingin mudah untuk membuat kartu kredit di bank lain, Anda perlu menunjukkan bahwa cicilan kartu kredit bisa Anda mempertanggungjawabkan dengan baik setiap bulannya.

Data ini akan dilihat oleh pihak bank dalam Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia atau Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK. Jika sebelumnya tidak ada masalah, pihak bank pun lebih besar kemungkinannya untuk percaya dan menerima pengajuan Anda. sebelum mengajukan kartu kredit dan memilih banknya, Anda lebih baik untuk mempelajari setiap produk kartu kredit sehingga bisa membuat pertimbangan yang tepat.

Tak perlu bingung untuk mengunjungi satu per satu bank, Anda bisa mendapatkan semua informasi tersebut di situs https://www.cekaja.com/banks/bni/kartu-kredit. Karena di link ini menjelaskan secara lengkap setiap produk kartu kredit dari berbagai bank untuk membantu Anda mempertimbangkan. Dengan mempelajari semua itu, Anda pun bisa melakukan pengajuan kartu kredit secara tepat dan bijak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *